upaya kombes kasmolan membangun kebersamaan akan dilanjutkan oleh kombes hery
03 Desember 2017, 11:35 WIB

Upaya Kombes Kasmolan Membangun Kebersamaan Akan Dilanjutkan Oleh Kombes Hery

Polairpoldariau.com – Setelah melaksanakan rangkaian serah terima jabatan (sertijab) Direktur Polairud Polda Riau dari Kombes Pol Ir Kasmolan M.AP kepada Kombes Pol Hery Wiyanto SH di Aula SPN Polda Riau pada pagi Kamis (30/11), kegiatan pisah sambut dan kenal pamit internal pun dilaksanakan di Mako Polairud Polda Riau pada siangnya.
Dalam sambutannya, Kombes Pol Ir Kasmolan M.AP yang dihadiri oleh seluruh personel jajaran satuan polairud polda riau mengatakan bahwasanya pada awal kepemimpinannya, Kasmolan merasakan ada suatu bentuk kurangnya kebersamaan antar sesama anggota dikarenakan jangkauan komunikasi yang sangat jauh.
“saya mengupayakan bagaimana kekuatan personel perlu disatukan dalam menyamakan konsep bertugas. Hal ini belum terwujud karena kita sebelumnya memiliki tiga kantor yang saling berjauhan. Maka pada saat saya memimpin di sini (dirpolairud,red) tekad saya akan membangun kantor atau markas yang lebih besar, agar kita nantinya bisa bersama-sama bekerja lebih maksimal. Syukur Alhamdulillah semua telah terwujud dengan adanya Mako Polairud Polda Riau tepatnya bersebelahan dengan wilayah perairan atau sungai siak.” ujar Kasmolan sembari menyatakan bahwasanya masih ada keinginannya yang belum tercapai yaitu menyediakan ruangan khusus bagi ibu-ibu bhayangkari.
Selain itu, menurut Kasmolan yang nantinya akan menempati jabatan pada Analis Kebijakan Madya bidang Polair Baharkam Polri, bahwasanya selama memimpin sebagai Dirpolair pada dua wilayah sumatera yaitu Aceh dan Riau tidak pernah melaksanakan perayaan moment besar seperti HUT Polair dikarenakan adanya mutasi jabatan.
“memasuki peringatan HUT polairud yang ke-67 tahun 2017 merupakan pengalaman yang kedua kali bagi saya untuk tidak bisa hadir disini. Namun di organisasi kepolisian, mutasi ini merupakan hal yang sudah biasa.” ujar Kasmolan seraya mengatakan kenangannya selama menjabat di Polairud Polda Riau pernah memotong rambut anggotanya yang termasuk kategori panjang pada saat apel.
Diakhir sambutannya, Kombes Pol Ir Kasmolan M.AP beserta Ibu menerima cenderamata berupa gambar karikatur dari seluruh anggota persenol yang akan ditinggalkannya. “terima kasih kepada semua anggota, apabila ada kesalahan saya selama memimpin saya pribadi beserta keluarga meminta ma’af. Dan cendramata ini merupakan bentuk kecintaan teman-teman anggota, mengingat pesan yang sebelumnya saya sampaikan yaitu untuk dapat memberikan kenang-kenangan tidak dilihat dari mahal harganya tetapi memiliki kesan dan arti bagi kami sekeluarga.” tutupnya.

Sementara itu, Dirpolairud Polda Riau yang baru Kombes Pol Hery Wiyanto SH pada saat menyampaikan sambutan untuk pertama kalinya sangat berterima kasih sekali kepada seluruh personel yang telah melaksanakan kegiatan pisah sambut ini.
“seluruh rangkaian acara ini merupakan bentuk kebersamaan dari seluruh anggota yang selama ini telah dibina oleh bapak Kasmolan, apapun yang sudah diperbuat oleh beliau akan terus saya pertahankan bahkan ditingkatkan.” ujar Dirpolairud Polda Riau yang sebelumnya bertugas sebagai Direskrimum Polda Sulawesi Barat.
Namun dalam pola kepemimpinannya, Kombes Hery yang pernah juga menjadi kabid humas di Polda Bengkulu dan Polda Bali, akan menerapkan sistem prefentif dan penegakkan hukum yang nantinya akan dilaksanakan anggotanya selama bertugas di lapangan.
“kepada seluruh rekan-rekan anggota saya minta dukungan dalam bekerja. Upaya prefentif hingga penegakkan hukum perlu dilakukan demi mengurangi tindak kejahatan khususnya dalam menjaga wilayah perairan. Mapping lokasi penegakkan hukum akan terus kita sertakan dalam menjalankan tugas.” ujar Kombes Hery sembari mengajak kepada seluruh rekan anggota agar dapat bekerja sama dengan rekan media.
“buat hubungan kemitraan yang baik dengan unsur media, jadikan mereka rekanan yang bisa menunjang prestasi kinerja kita. Untuk anggota kita yang bertugas dilapangan, silahkan saja menjawab pertanyaan yang dibutuhkan oleh rekan media, tetapi hanya sebatas Apa, Kapan, dan Dimana suatu kejadian. Dan selanjutnya upaya penyelidikan unsur pimpinanlah yang berhak menjelaskan ke rekan media. Ingat… jangan menyampaikan perihal yang mengada-ada ataupun tidak benar kepada media.” tegas Kombes Hery yang nantinya selama memimpin akan berusaha menjadi pemimpin yang dapat menyayangi dan mengasihi serta pemimpin yang bisa membesarkan Korps.
Menanggapi cita-cita dari Kombes Kasmolan yang belum terlaksana olehnya yaitu perlu adanya ruangan khusus untuk ibu-ibu bhayangkari di Mako Polairud Polda Riau, Kombes Hery akan siap melanjutkan konsep-konsep dalam membangun kebersamaan.
“selama ini untuk kepentingan organisasi, kita akan mendukungnya. Termasuk wacana perluasan panjang dermaga, mengingat ini semua suatu kebutuhan kerja yang diperlukan bagi Polda yang sudah bertipe-A.” tutup Dirpolairud Polda Riau. (faktaidealis.online)