ditpolairud polda riau musnahkan barang bukti rokok ilegal
10 Oktober 2017, 11:33 WIB

Ditpolairud Polda Riau Musnahkan Barang Bukti Rokok Ilegal

Dit Polairud Polda Riau melakukan pemusnahan barang bukti Rokok Ilegal berupa 351 dus/kotak rokok Ilegal tanpa pita cukai merek Luffman dan H Mild di jalan Labersa Kota Pekanbaru sekira 08.00 wib (10/10/2017).


Dir Polairud Polda Riau, Kombes Pol Ir. Kasmolan,M.AP menjelaskan, Pada hari Senin tanggal 21 Agustus 2017, sekira pukul 01.00 Wib, di Perairan Simpang Tiga Pulau Kijang Kec. Reteh Kab. Indragiri Hilir dengan titik koordinat 00? 41’ 800” S - 103? 22’ 250” , saat Petugas Ditpolairud Mabes Polri (Kapal Polisi LORY – 3018) dan Petugas Ditpolairud Polda Jambi melaksanakan patroli bersama telah memergoki dan memeriksa Speed Boat Tanpa nama yang di Nahkodai ber inisial NF (35), dengan mengangkut rokok tanpa Bandrol/Pita Cukai dari Jembatan Dua Barelang Kota Batam Prov. Kepri dengan tujuan Pulau Kijang Kec. Reteh Kab. Indragiri Hilir dan tanpa memiliki Port Clearence/Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang dikeluarkan oleh Syahbandar, Selanjutnya Tersangka beserta Barang bukti yang ditemukan di TKP diamankan dan dibawa ke Kantor Ditpolairud Polda Riau untuk Proses Pemeriksaan dan Penyidikan lebih lanjut.


Adapun barang bukti yang berhasil diamankan oleh KP. LORY-3018 DITPOLAIRUD MABES POLRI pada saat penangkapan adalah 1 unit Speed Boat tanpa nama dan ± 351 Dus/Kotak Rokok tanpa pita cukai.


Tersangka diduga keras telah melakukan Tindak Pidana Pelayaran, sebagaimana disebutkan dalam rumusan Pasal 323 Ayat ( 1 ) Jo Pasal 219 ayat ( 1 ) Undang – undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.


"Patroli Perairan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan jajaran Dit Polairud Polda Riau. Selain untuk menjaga situasi Kamtibmas diwilayah perairan, patroli ini juga diharapkan dapat mencegah penyelundupan barang-barang Ilegal yang masuk melalui perairan Riau" pungkas Kasmolan diakhir keterangannya.